Rabu, 01 Oktober 2014

Desain Strategi Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan secara umum, merupakan suatu usaha untuk menambah kecakapan, pengertian dan sikap belajar dan pengalaman yang diperlukan untuk mementingkan kelangsungan hidup serta mencapai tujuan hidup. Belajar mengajar sebagai salah satu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang  saling berinteraksi di dalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar. Sumber belajar tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Olehnya itu dalam desain pengajaran yang biasa disusun guru terdapat salah satu komponen pengajaran. Begitu juga pendidik atau guru merupakan seorang fasilitator, yang bertugas memfasilitasi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam proses pembelajaran. Seorang pendidik harus mampu membangun suasana belajar yang kondusif sehingga siswa mampu belajar sendiri.
Sebagai sebuah proses yang sengaja dilakukan atau direkayasa, proses pembelajaran memerlukan sebuah perencanaan, agar apa yang dilakukan dapat berjalan dan menghasilkan sesuatu seperti yang diharapkan. Dengan adanya perencanaan tersebut, maka proses yang akan dilaksanakan dalam waktu yang panjang memiliki langkah yang jelas, dapat diprekdisikan hasilnya, dapat diperkirakan sumber daya-sumber daya yang diperlukan, dan dapat pula digunakan untuk menentukan persyaratan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah tersebut.
Masalah yang sering dihadapi pengajar berkenaan dengan proses pembelajaran adalah bagaimana pengajar menyampaikan pesan materi dengan menggunakan strategi pembelajaran. strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti bahwa di dalam penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu, artinya disini bahwa arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Namun sebelumnya perlu dirumuskan suatu tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya.
Sehubungan dengan itu, perlu disusun rambu-rambu pemilihan dan pemanfaatan strategi pembelajaran untuk membantu pengajar agar dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Oleh karena itu, dalam makalah ini kami akan membahas sedikit tentang desain strategi pembelajaran, yang mungkin bisa menambah pengetahuan dalam mengembangkan desain strategi pembelajaran.
B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.      Apa pengertian desain strategi pembelajaran?
2.      Bagaimana kedudukan strategi pembelajaran?
3.      Bagaimana kesesuaian antar kompetensi dan aktivitas dengan strategi pembelajaran?
4.      Sebutkan beberapa strategi yang sesuai dengan tingkat hasil belajar !

C.    Tujuan
Dari rumusan masalah di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari makalah desain strategi pembelajaran adalah:
1.      Mengetahui pengertian desain strategi pembelajaran
2.      Mengatahui  kedudukan strategi pembelajaran
3.      Mengetahui kesesuaian antar kompetensi dan aktivitas dengan strategi pembelajaran
4.      Mengetahui beberapa strategi yang sesuai dengan tingkat hasil belajar





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Desain Strategi Pembelajaran
Desain dapat diartikan keseluruhan, struktur, kerangka ataupun outline. Desain menurut Smith dan Ragan merupakan proses perencanaan yang sistematis yang dilakukan sebelum tindakan pengembangan atau pelaksanaan sebuah kegiatan atau proses sistematis yang dilakukan dengan menterjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran menjadi rancangan yang diimplementasikan dalam bahan dan aktivitas pembelajaran. Desain yakni suatu cara yang memuaskan untuk membuat suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipasif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Desain pembelajaran didefinisikan sebagai prosedur yang terorganisasi dimana tercangkup langkah-langkah dalam menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengadakan evaluasi.  Desain pembelajaran lebih memerhatikan pada pemahaman, pengubahan, dan penerapan metode-metode pembelajaran. Hal ini mengarahkan untuk memilih dan menentukan metode apa yang dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian bahan ajar agar dapat diterima dengan mudah oleh siswa.[1]
Sedangkan strategi, secara bahasa, strategi bisa diartikan sebagai “siasat”, ”kiat”, ”trik”, atau “cara”. Sedang secara umum strategi ialah suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Strategi belajar mengajar bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan murid-guru dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan atau sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. [2]
Menurut Dick and Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.
Jadi, desain strategi pembelajaran merupakan proses perencanaan yang sistematis atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu, bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.
B.     Kedudukan Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan rencana, aturan-aturan, langkah-langkah serta sarana yang prakteknya akan diperankan dan akan dilalui dari pembukaan sampai penutupan dalam proses pembelajaran di dalam kelas guna merealisasikan tujuan.[3]
Karena strategi mengajar merupakan operasionalisasi metode, maka akan memuat gaya yang dilakukan guru dalam menyusun pelajaran, seni yang ditampilkan guru dalam proses pembelajaran serta media dan sarana dalam berbagai bentuknya yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.[4]
Pengaturan, penyusunan, dan gaya mengajar sangat tergantung pada guru serta keterampilannya dalam mengelola kelas, serta sangat dipengaruhi oleh perbedaan situasi, kondisi dan karakteristik siswa. oleh sebab itu, kita tidak dapat mengatakan bahwa seluruh strategi tertentu yang terbaik dan paling cocok untuk segala situasi dan kondisi pembelajaran. Perbedaan tujuan, materi, karakteristik siswa serta perbedaan guru membutuhkan strategi yang berbeda dalam prateknya.[5]
Strategi pembelajaran adalah cara/metode yang akan dilakukan oleh pengajar supaya tercapai tujuan pembelajaran atau sebagai kunci  peningkatan jaminan kualitas pembelajaran.

Kedudukan strategi pembelajaran:
1.      Interaksi
Kedudukan strategi pembelajaran dalam interaksi yakni proses interaksi atau proses saling berhubungan yang dilakukan antar pendidik dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Interaksi tersebut harus dilakukan oleh pendidik dengan peserta didik dengan selalu memiliki banyak cara dan trik yang jitu. Pendidik harus memiliki keahlian dalam membaca situasi dan kondisi peserta didik harus cepat dan tepat. Pendidik harus merancang prosedur untuk melakukan interaksi dengan peserta didik.
2.      Pembelajaran
Pembelajaran merupakan serangkaian aktivitas yang sengaja diciptakan dengan maksud untuk memdahkan terjadinya proses belajar. Strategi pembelajaran merupakan rencana, aturan-aturan, langkah-langkah serta sarana yang prakteknya akan diperankan dan akan dilalui dari pembukaan sampai penutupan dalam proses pembelajaran di dalam kelas guna merealisasikan tujuan. Jadi, pembelajaran termasuk di dalamnya startegi pembelajaran.
3.      Materi
Strategi pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat terkait dengan penyampaian materi dalam upaya mencapai kompetensi. Dalam menentukan strategi pembelajaran perlu memperhatikan dua hal yaitu : 1) jenis kompetensi 2) jenis materi yang diajarkan. Untuk mengajarkan kompetensi yang berjenis kognitif, atau kompetensi berjenis psikomotor, atau kompetensi yang berjenis afektif pasti akan membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Demikian pula jika mengajarkan materi dari jenis materi yang berbeda pasti akan memerlukan strategi pembelajaran yang berbeda pula.
4.      Hasil belajar
Belajar merupakan proses aktivitas yang memiliki keterukuran secara jelas. Ukuran keberhasilan belajar dalam pengertian yang operasional adalah penguasaan suatu bahan ajar yang dinyatakan tujuan pembelajaran khusus dan memiliki konstribusi bagi tujuan di atasnya.
Keberhasilan atau kegagalan dalam proses belajar mengajar merupakan sebuah ukuran atas proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang didalamnya termasuk terjadinya interaksi antara pendidik dan peserta didik merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pemebelajaran.
C.    Kesesuaian antar Kompetensi dan Aktivitas dengan Strategi Pembelajaran
Kompetensi dasar merupakan penjabaran Standar Kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit dibanding dengan standar kompetensi. Standar kompetensi sendiri adalah ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan siakp yang harus dicapai, diketahui, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.
Kompetensi dasar diturunkan menjadi indikator, dari indikator digunakan untuk menyusun tujuan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran didasarkan pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dari evaluasi inilah dapat diketahui hasil belajar peserta didik.
Strategi pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat terkait dengan penyampaian materi dalam upaya mencapai kompetensi. Dalam menentukan strategi pembelajaran perlu memperhatikan dua hal yaitu : 1) jenis kompetensi 2) jenis materi yang diajarkan. Untuk mengajarkan kompetensi yang berjenis kognitif, atau kompetensi berjenis psikomotor, atau kompetensi yang berjenis afektif pasti akan membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Demikian pula jika mengajarkan materi dari jenis materi yang berbeda pasti akan memerlukan strategi pembelajaran yang berbeda pula.[6]
Terdapat berbagai strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam upaya mencapai kompetensi. Strategi pembelajaran pada dasarnya digunakan untuk mencapai kompetensi siswa secara tepat dalam waktu dan biaya yang seefisien mungkin.[7]
1.      Dalam proses pembelajaran yang bersifat kognitif adalah upaya menanamkan materi pembelajaran dalam memori di otak siswa. materi-materi pada kompetensi yang bersifat kognitif merupakan materi yang berjenjang dari sesuatu yang kongkrit kepada sesutau yang bersifat abstrak. Pada aspek kognitif ini proses pembelajaran akan berusaha untuk menjadikan sesuatu yang bersifat abstrak kepada sesuatu yang bersifat kongkrit. Proses ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah, untuk itulah kemudian dikembangkan strategi pembelajaran. Dengan demikian, strategi pembelajaran dalam aspek kognitif pada dasarnya adalah untuk memudahkan penerimaan siswa dengan cara merubah dari sesuatu yang bersifat abstrak menuju ke arah yang kongkrit. Perubahan tersebut dengan harapan akan dapat memudahkan siswa untuk memahami dan kemudian menyimpannya di dalam memorinya dalam waktu yang lama.
2.      Pada aspek psikomotorik, strategi pembelajaran digunakan untuk menanamkan kemahiran kepada siswa terhadap keterampilan yang hendak dikuasai. Strategi pembelajaran pada aspek ini digunakan untuk membuat sederhana berbagai gerakan yang kompleks yang harus diajarkan oleh guru kepada siswa, sehingga kemudian siswa dapat melakukannya dengan lebih mudah.  Misalnya untuk dapat mengajarkan kepada siswa suatu keterampilan “memasang” atau “membongkar” maka guru harus memiliki strategi yang tepat agar teknik “memasang” atau “membongkar” tersebut dapat mudah dipahami oleh siswa, dan kemudian dapat ditirukannya dengan mudah atau bahkan dapat dimodifokasinya menjadi keterampilan yang lebih baik lagi.
3.      Sedangkan pada aspek afektif, strategi pembelajaran digunakan untuk menjadikan aspek-aspek nilai sebagai pembentuk sikap menjadi sesuatu yang diimplementasikan dalam kehidupan siswa dalam keseharian, menjadi pola hidup dalam kehidupan siswa sehari-hari. Misalnya untuk dapat mengajarkan kepada siswa tentang peduli sesama maka siswa harus diinternalisasikan nilai-nilai tersebut atau disadarkan pentingnya nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut siswa harus ditunjukkan contoh-contoh dari perilaku yang mengadopsi nilai-nilai tersebut dan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh dengan diimplementasikannya nilai-nilai tersebut. Pemberian contoh-contoh perilaku dapat dilakukan dengan berbantuan media pembelajaran. Selain itu contoh-contoh perilaku dapat diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran sosio drama atau strategi pembelajaran yang memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati perilaku pada tokoh tertentu. Namun demikian, akan sangat tepat jika pemberian contoh-contoh tersebut melalui pemberian keteladanan oleh guru dalam perilaku sehari-hari. Dengan keteladanan tersebut itulah diharapkan kemudian siswa akan menirukan apa yang telah dilakukan oleh guru.
Dengan demikian jelaslah bahwa strategi pembelajaran dapat digunakan sebagai upaya mencapai kompetensi siswa yang telah direncanakan secara efektif san efisien. Berikut akan dipaparkan berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai kompetensi sisiwa dalam berbagai jenis, menginternalisasikan berbagai kecakapan hidup, dan memberikan variasi belajar.

            Contoh[8]
Nama sekolah                          : SMP/MTs
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas/semester                        : IX / ganjil
Alokasi waktu                         : 12 X 40 menit
Standar kompetensi                : memahami akhlak terpuji terhadap lingkungan sosial
Kompetensi dasar                   : menjelaskan tentang akhlak terpuji terhadap sesama manusia
Indikator                                 :
a.       Menjelaskan pengertian akhlak terpuji terhadap sesama manusia
b.      Menyebutkan macam-macam akhlak terpuji terhadap sesama manusia
c.       Menjelaskan pengertian ta’aruf, tafahum, ta’awun, tasamuh, jujur, adil, amanah, dan menepati janji

Metode pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
Langkah pembelajaran            :
1.      Kegiatan awal
a.       Siswa membaca kemudian guru menerangkan
b.      Siswa mengartikan sifat-sifat terpuji
c.       Siswa menyebutkan macam-macam sifat terpuji
d.      Siswa membedakan antara sifat terpuji dengan sifat tercela
2.      Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menjelaskan kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan
b.      Siswa memperhatikan dan mengajukan beberapa pertanyaan yang kurang jelas
2.      Konsolidasi pembelajaran
a.       Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang materi tersebut
3.      Kegiatan akhir
a.       Mengingatkan kembali agar siswa dapat mempelajari dan mengulang kembali pelajaran tersebut

D.    Beberapa Strategi yang Sesuai dengan Tingkat Hasil Belajar
Strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, juga harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik peserta didik, serta situasi atau kondisi dimana proses pembelajaran tersebut akan berlangsung.
Strategi dapat di klasifikasikan menjadi 4, yaitu:
1.      Strategi pembelajaran langsung
Strategi pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Strategi ini efektif untuk menentukan informasi atau membangun keterampilan tahap demi tahap. Pembelajaran langsung biasanya bersifat deduktif.Kelebihan strategi ini adalah mudah untuk direncanakan dan digunakan, sedangkan kelemahan utamanya dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan, proses-proses, dan sikap yang dipergunakan untuk pemikiran kritis dan hubungan interpersonal serta belajar kelompok. Agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan pemikiran kritis, strategi pembelajaran langsung perlu dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang lain.
2.      Strategi pembelajaran tak langsung
Strategi pembelajaran tak langsung sering disebut induktif. Berlawanan dengan strategi pembelajaran langsung. Pembelajaran tak langsung umumnya berpusat pada peserta didik, meskipun kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan, dan pengetahuan guru atau temannya dan untuk membangun cara alternatif untuk berfikir dan merasakan.
3.      Strategi pembelajarn empirik
Strategi pembelajaran empirik berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis aktivitas. Refleksi pribadi tentang pengalaman dan formulasi perencanaan menuju penerapan pada konteks yang lain merupakan faktor kritis dalam pembelajaran empirik yang efektif.
4.      Strategi pembelajaran mandiri
Belajar mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri. Fokusnya adalah pada perencanaan belajar mandiri oleh peserta didik dengan bantuan guru. Belajar mandiri juga bisa dilakukan dengan teman atau sebagai bagian dari kelompok kecil. Dua strategi tersebut dapat saling melengkapi. Peranan guru bergeser dari seorang penceramah menjadi fasilitator. Guru mengelola lingkungan belajar dan memberikan kesempatan peserta didik untuk terlibat.
Macam-macam strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran:[9]
Example non example
1.      Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai
2.      Guru menempelkan gambar dipapan atau ditayangkan lewat proyektor
3.      Guru memberi petunjuk dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan dan menganalisis gambar
4.      Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.      Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6.      Mulai dari komentar atau hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
7.      Penarikan kesimpulan

Learning start with question
1.      Bagikan bahan belajar, kemudian mintalah mereka untuk mencari pasangan dan kemudian berikanlah tugas kepada mereka untuk belajar berpasangan
2.      Mintalah kepada siswa untuk membuat pertanyaan-pertanyaan terhadap hal-hal yang belum dimengerti
3.      Kumpulkan semua pertanyaan dan kelompokkan jenisnya atau yang paling banyak diperlukan siswa
4.      Mulailah pelajaran dengan menjawab dan menjelaskan hal-hal yang mereka tanyakan
Everyone is a teacher here
1.      Bagikan kertas kepada siswa dan mintalah mereka untuk menuliskan pertanyaan tentang hasil belajar dan materi yang harus dikuasai
2.      Kumpulkan kertas-kertas tersebut, kocok dan bagikan kembali kepada siswa secara acak
3.      Undang sukarelawan untuk maju ke depan dan membacakan pertanyaan, serta memberikan jawaban/tanggapan atas pertanyan tersebut
4.      Kembangkan diskusi
5.      Klasifikasikan hasil belajar
The power of two
1.      Ajukan satu atau dua pertanyaan/masalah yang membutuhkan perenungan dan pemikiran
2.      Siswa diminta menjawab tertulis secara perorangan
3.      Kelompokkan mereka secara berpasang-pasang (dua-dua)
4.      Mintalah mereka saling menjelaskan dan mendiskusikan jawaban baru
5.      Brainstorming (panel) membandingkan diskusi kecil antar kelompok
6.      Klarifikasikan dan kesimpulan
Information search
1.      Bagikan sumber daya yang akan digunakan sebagai materi pembelajaran (bacaan, text book, handouts, dokumen dll.)
2.      Susunlah sebuah pertanyaan yang jawabannya dapat dicari di sumber daya yang ada
3.      Untuk menumbuhkan persaingan, bagilah siswa dalam kelompok kecil
4.      Presentasikan hasil diskusi
5.      Klarifikasi hasil belajar
Snowballing
1.      Ajukanlah pertanyaan atau permasalahan
2.      Adakan grouping (pengelompokan) yang terdiri atas dua atau tiga orang siswa
3.      Gabungkanlah dua kelompok menjadi satu kelompok baruu
4.      Pada group yang baru ini, mintalah untuk melakukan sharing merumuskan jawaban baru yang disepakati bersama
5.      Klarifikasi hasil belajar (guru)
Jigsaw learning
1.      Bagikan semua bahan untuk mencapai kompetensi/hasil belajar secara utuh
2.      Adakan grouping (sesuai hasil belajar yang dipelajari)
3.      Diskusi dan membuat resume hasil belajar secara individu
4.      Grouping, acak dari masing-masing anggota untuk saling menjelaskan dan merumuskan hasil belajar secara utuh
5.      Presentasi hasil belajar
6.      Klarifikasi dan kesimpulan
Debat yang efektif
1.      Kembangkan suatu kasus yang kontroversional dalam suatu topik pembelajaran
2.      Bagi kelas menjadi dua grup. “pro” dan “kontra”
3.      Minta setiap grup untuk menunjuk wakil mereka : 2-3 orang
4.      Awali debat ini dengan meminta juru bicara untuk mengemukakan pendapatnya secara bergantian
5.      Setelah itu, juru bicara ini akan kembali ke grupnya dan mengatur strategi untuk membuat bantahn grup lainnya
6.      Bilamana dirasa cukup, hentikan debat tersebut dengan tetap menyisakan follow up dari kasus yang diperdebatkan
7.      Klarifikasi dan kesimpulan
Card sort
1.      Bagikan kertas yang berisi informasi atau contoh atau langkah-langkah dalam satu kategori tertentu atau lebih
2.      Minta siswa untuk mencari kawan yang memiliki kertas dengan kategori yang sama
3.      Setelah siswa menemukan kawan-kawan dalam satu kategori, minta mereka menjelaskan kategori tersebut ke seluruh kelas
4.      Setelah semua kategori dijelaskan, beri penjelasan tentang hal-hal yang masih dianggap perlu
Synergetic teaching
1.      Bagi kelas menjadi 4 kelompok
2.      Bagi tugas belajar masing-masing kelompok untuk menyelesaikan suatu permasalahan
3.      Kel. 1 mencari informasi tentang pentingnya permasalahan
4.      Kel. 2 menjelaskan kebijakan / pemecahan saat ini dan alternatif yang diusulkan
5.      Kel. 3 membuat satu usulan kebijakan / pemecahan untuk mengatasi masalah (bisa dukung kelm 2, modifikasi, baru)
6.      Kel. 4 membuat suatu rencana tindakan pemecahan yang dapat diterima dan dilakukan semua pihak
7.      Pertemukan/gabung masing-masing kelompok dengan anggota kelompok yang lain dan suruh mereka membuat tayangan hasilnya secara utuh yang mereka pelajari
8.      Buatlah show case portofolio
Giving question and getting answer
1.      Bagikan dua potongan kertas
2.      Mintalah siswa untuk melengkapi pertanyaan
a.       Kertas 1 : saya masih punya pertanyaan
b.      Kertas 2 : bisa menjawab tentang
3.      Buat kelompok-kelompok kecil dan mintalah mereka untuk memilih pertanyaan dan jawaban yang paling penting
4.      Mintalah masing-masing kelompok untuk melaporkan pertanyaan yang dipilih. Carilah sekiranya ada siswa yang dapat menjawab, jika tidak ada, maka guru harus menjawabnya
5.      Minta masing-masing kelompok untuk jawaban yang dipilih, kemudian minta anggota kelompoknya menjelaskan jawaban kelompok kepada kelompok lainnya
Tim pendengar
Kel.
Peran
Tugas
1
Penanya
Bertanya minimal dua pertanyaan tentang materi yang baru disampaikan
2
Pendukung
Menyampaikan poin-poin yang disetujui dan memberikan alasan
3
Penentang
Mengutarakan poin-poin yang tidak disetujui dan memberikan alasan
4
Pemberi contoh
Memberi contoh spesifik dan aplikasi materi

1.      Bagi kelas menjadi empat kelompok dan berikan tugas
2.      Sampaikan materi anda dengan teknik lecturing, setelah itu beri siswa waktu untuk menyelesaikan tugas
3.      Mintalah masing-masing kelompok untuk bertanya menyetujui, menolak, atau memberi contoh sesuai dengan tugasnya
Point counterpoint
1.      Pilih satu topik yang memiliki dua pandangan atau lebih
2.      Bagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pandangan yang ada
3.      Pastikan bahwa masing-masing kelompok duduk terpisah
4.      Beri kesempatan salah satu kelompok untuk memulai debat. Setelah itu, undang anggota kelompok lain untuk menyampaikan pandangan yang berbeda
5.      Berilah kesimpulan dengan membandingkan isu-isu yang terlihat
Tim quiz
1.      Pilih topik yang dapat disampaikan dalam tiga segmen
2.      Bagi siswa menjadi 3 kelompok
3.      Jelaskan format sessi yang akan disampaikan dan mulai penyampaian materi. Batasi hingga 10 menit
4.      Intalah tim A untuk membuat quis jawaban ringkas. Sementara tim B dan C mereview catatan mereka
5.      Tim A memberi pertanyaan pada tim B. Apabila tidak bisa, pertanyaan pindah ke tim C
6.      Tim A mengajukan pertanyaan ke tim C, apabila tidak bisa, maka pertanyaan pindah ke tim B
7.      Lanjutkan penyampaian materi segmen ke dua dan tunjuk tim B sebagai pemandu quis
8.      Setelah tim B selesai, lanjutkan penyampaian materi dan tunjuk tim C sebagai pemandu quis
Listening team
Overview
1.      Aktivitas ini digunakan untuk membantu siswa memfokuskan pembelajaran sejak awal
2.      Listening teams juga digunakan untuk menciptakan kelompok kecil bertanggung jawab dalam pengklarifikasi pembelajaran
Langkah-langkah :
1.      Bagi kelas menjadi 3-4 kelompok dan beri tugas masing-masing
2.      Sampaikan materi dengan teknik lecturing, dan beri waktu pada siswa agar menyelesaikan tugasnya
3.      Panggil masing-masing kelompok untuk bertanya, menyetujui, menentang, dan memberi contoh

Kel
Peran
Tugas
1
Penanya
Bertanya minimal dua pertanyaan tentang materi yang baru disampaikan
2
Pendukung
Menyampaikan poin-poin yang disetujui dan memberikan alasan
3
Penentang
Mengutarakan poin-poin yang tidak disetujui dan memberikan alasan
4
Pemberi Contoh
Memberi contoh spesifik dan aplikasi materi

Masih banyak lagi strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Beberapa contoh diatas dituliskan dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang beragamnya strategi pembelajaran yang dapat dipilih guru dalam membuat perencanaan pembelajaran. Guru juga dapat membuat strategi pembelajaran sendiri dan menamainya sendiri. Namun demikian, patokan utama dalam penggunaan startegi pemebelajaran adalah efektifitasnya dalam mencapai kompetensi. Efektifitas strategi pembelajaran yang paling sering digunakan sebagai alat ukur adalah kecepatannya dalam mencapai kompetensi, sehingga jika suatu strategi efektif maka alokasi waktu yang diperlukan untuk mencapai kompetensi tersebut semakin sedikit.



BAB III
PENUTUP


a.      Kesimpulan
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa, desain strategi pembelajaran merupakan proses perencanaan yang sistematis atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu, bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.
Kedudukan strategi pembelajaran:
1.      Interaksi
2.      Pembelajaran
3.      Materi
4.      Hasil belajar
Strategi pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat terkait dengan penyampaian materi dalam upaya mencapai kompetensi. Dalam menentukan strategi pembelajaran perlu memperhatikan dua hal yaitu : 1) jenis kompetensi 2) jenis materi yang diajarkan. Untuk mengajarkan kompetensi yang berjenis kognitif, atau kompetensi berjenis psikomotor, atau kompetensi yang berjenis afektif pasti akan membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Demikian pula jika mengajarkan materi dari jenis materi yang berbeda pasti akan memerlukan strategi pembelajaran yang berbeda pula.
b.      Saran
Setelah kita membahas tentang desain strategi pembelajaran, kita sebagai calon guru hendaknya mengerti dan mengetahui serta memperhatikan akan strategi pembelajaran, dengan memperhatikan keadaan peserta didik.
Dengan mempelajari dan memahami ulasan materi yang telah kami sajikan tersebut, diharapakan kita sebagai calon guru mampu mendesain strategi pembelajaran dengan baik sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik dari pembaca sangat kami harapkan, yang nantinya akan membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi kita semua.
Daftar Pustaka

Fathurrohman,Pupuh.2007.”Strategi Belajar Mengajar”.Bandung:Refika Aditama
http://manbaululuumgs.blogspot.com/2012/05/strategi-pemb-kedudukan-pemilihan-dan.html
Mustofa,Bisri.2012.”Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab”.Malang:UIN-Malang Press
Prabowo,Sugeng Listyo.2010.”Perencanaan Pembelajaran”.Malang:UIN-Malang Press
Riyanto,Yatim.2010.”Paradigma Baru Pembelajaran”.Jakarta:Kencana
Uno,Hamzah B.2007.”Model Pembelajaran”.Jakarta:Bumi Aksara





[1] Yatim Riyanto,2009.”paradigma baru pembelajaran”.Jakarta:Kencana.hal:20-21
[2] Pupuh fathurrohman,2007.”startegi belajar mengajar”.Bandung:Refika Aditam.hal:3
[3] Bisri mustofa,2012.”metode dan strategi pembelajaran bahasa arab”.Malang:UIN-Malang Press.hal:67
[4] Ibid.hal:67
[5] Ibid.hal:67
[6] Sugeng Listyo Prabowo.2010.”perencanaan pembelajaran”.Malang:UIN-Malang Press.hal:91
[7] Ibid.hal:106-107
[8] Sugeng Listyo Prabowo.2010.”perencanaan pembelajaran”.Malang:UIN-Malang Press.hal:97
[9] Sugeng Listyo Prabowo.2010.”perencanaan pembelajaran”.Malang:UIN-Malang Press.hal:108-114

0 komentar:

Posting Komentar