Rabu, 17 Oktober 2012

TAFSIR DAN TA WIL

PENGERTIAN PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ANTARA TAFSIR DAN TA`WIL
A.      Pengertian tafsir
Secara harfiah berarti menjelaskan,memerinci,menampakkan dan menyingkap sedangkan menurut istilah adalah Menerangkan ayat-ayat Al-Qur`an dari berbagai aspeknya.
Sedangkan yang dimaksud dengan ilmu tafsir ialah ilmu yang membahas tentang teknik atau cara mentafsirkan Al-Qur`an berikut hal-hal yang berkaitan dengannya.
Adapapun pengertian yang dikemukakan oleh para ahli Ulumul Qur`an diantaranya yang di kemukkan oleh Muhammad bin Abd al-Azhim al Zarqani ialah:
علم يعرف فيه عن القرآن الكريم من حيث دلالته على مراد الله تعالى بقدر طاقة البشريّة.
Ilmu yang membahas tentang Al-Q ur`an dari segi dilalahnya sesuai yang dikehendaki ALLAH swt. Menurut kemampuan manusia.
Dilihat dari dari pengertian pengertian tafsir dan ilmu tafsir di atas,  sesungguhnya berbeda diantara keduanya. Tafsir adalah penjelasan atau keterangan tentang Al-Qur`an, sedangkan ilmu tafsir adalah ilmu yang membahas tentang bagaimana cara menerangkan atau menafsirkan Al-Qur`an itu. Perbedaan lain bisa disebut bahwa ilmu tafsir adalah sarana atau alatnya, sedangkan tafsir adalah produk yang dihasilkan oleh ilmu tafsir.
B.      Pengertian Ta`wil
Masuk kedalam pembahasan tentang Ta`wil, Ta`wil secara harfiah ialah kembali, Tempat Kembali, dan mengatur kemudian secara istilah menurut ulama mutaqaddimin ialah : menafsirkan pembicaraan dan menerangkan maknanya atau menerangkan pokok yang dimaksud dari suatu pembicaraan. Sedangkan menurut ulama mutaakhirin yakni mengalihkan lafal dar yang rajah (kuat) kepada ma`na yang marjuh (dikuatkan) karena ada dalil yang mendukung.
C.     Perbedaan dan persamaan antara tafsir dan ta`wil
Perbedaan antara Tafsir dan Ta`wil secara singkat ialah sebagai berikut:            
Persamaannya :
-          Sama-sama sebagai sarana untuk memahami Al-Qur`an
-          Memiliki tujuan yang sama yakni untuk menjelaskan Al-Qur`an
Perbedaannya:
-          Tafsir lebih berorientasi pada riwayat dan makna lahir ayat
-          Ta`wil lebih mengacu kepada makna tersirat (isyarat) dan pemahaman ayat.
Sedikit penjelasan berkenaan dengan persamaan dan perbedaan antara tafsir tan ta`wil, Muhammad al-Naquib al-attas mengilustrasikan bahwa “ jika Tuhan Yang Maha Tinggi berfirman bahwa ia mengeluarkan yang hidup dan yang mati (يخرج الحيّ من الميّت  ) kemudian kita menafsirkannya sebagai berarti bahwa ia mengeluarkan burung dari telur, maka ini disebut dengan tafsir. Tetapi, jika kita menafsirkan kalimat yang sama berarti bahwa Tuhan mengeluarkan seorang mukmin (المؤمن ) dari seorang kafir (الكافر ) atau bahwa IA mengeluarkan  orang yang memiliki ilmu (العالم ) dari seorang yang bodoh (الجاهل ) maka ini disebut dengan Ta`wil.
-           


0 komentar:

Posting Komentar