Rabu, 17 Oktober 2012

Pengajaran Bahasa Arab

Pengajaran Bahasa Arab

Pengajaran menurut Sikun Pribadi guru besar IKIP Bandung menjelaskan bahwa pengajaran adalah suatu kegiatan yang menyangkut pembinaan anak mengenai segi kognitif dan psikomotorik semata-mata yaitu supaya anak-anak lebih banyak pengetahuannya, lebih cakap berfikir kritis, sistematis dan obyektif, serta terampil dalam mengerjkan sesuatu misalnya terampil menulis, membaca, lari cepat , dan lain sebagainya                              
(Ahmad Tafsir 2003: 7)           
                                                                            
 Ki Hajar Dewantara mengemukakan pendapatnya bahwa pengajaran adalah pendidikan dengan cara memberikan ilmu pengetahuan serta kecakapan pada anak yang keduanya bisa bermanfaat bagi hidupnya baik lahir dan batin.  
     
                         
Dari dua pegertian ini maka pengajaran juga dapat diartikan adanya proses transformasi ilmu pengetahuan dari guru kepada murid secara terus –menerus dan berulang-ulang serta membutuhkan keseriusan dalam berlatih melakukan sesuatu hal agar dapat mengerti dan melakukan hal tersebut.

Sedangkan Definisi bahasa Arab dapat ditinjau dari sisi bahasa dan istilah.
Pengertian 'Arab' secara bahasa adalah gurun sahara, atau tanah tandus yang di dalamnya tidak ada air dan pohon yang tumbuh di atasnya. Adapun 'bahasa' adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk saling berinteraksi dan berhubungan dengan berbagai motivasi dan keperluan yang mereka miliki. Secara istilah bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh sekelompok manusia yang berdomisili di atas Negeri Gurun Sahara, Jazirah Arabiyah. Belajar bahasa Arab memang sebuah keharusan yang layak dikuasai oleh umat Islam. Sebab sejak awal mula diturunkan ajaran Islam sampai hari ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa arab.                  
                                                                   
Al-Quran sebagai kitab suci abadi yang menghapus semua kitab suci yang pernah ada, diturunkan dalam bahasa Arab. Rasulullah SAW sebagai nabi akhir zaman yang risalahnya berlaku untuk seluruh manusia di muka bumi sampai akhir zaman, juga berbahasa arab, tanpa pernah diriwayatkan mampu berbahasa selain arab.          
                                          
Hadits-hadits nabawi diriwayatkan secara berantai hingga sampai kepada kita melewati masa berabad-abad, juga tertulis dalam bahasa Arab. Bahkan semua kitab yang menjelaskan materi Al-Quran, As-Sunnah serta syariah Islamiyah hasil karya para ulama muslim sedunia sepanjang masa, juga kita warisi dalam bahasa Arab.

Dari pengertian pengajaran dan Bahasa Arab diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian pengajaran Bahasa Arab adalah suatu kegiatan yang menyangkut pembinaan anak mengenai segi kognitif dan psikomotorik agar anak trampil dalam menguasai Bahasa arab, sehingga mereka mampu memahami isi kandungan Al Qur’an yang diturunkan dengan bahasa Arab dan menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupannya.

0 komentar:

Posting Komentar