Jumat, 19 Oktober 2012

Metode pengajaran dan pembelajaran bahasa arab

Metode pengajaran dan pembelajaran bahasa arab

Metode yang sesuai digunakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab baik dikalangan pesantren ataupun Madrasah-madrasah diniyyah ialah:

1. Metode Tematik. (Tariqah Al Maudu’iyah)                       
Metode tematik adalah proses pengajaran yang berasaskan satu ide pokok sebagai tema sebelum dikembangkan pada beberapa tema yang lain. Contohnya, dalam minggu ini, tema pokok yang dipilih ialah berkaitan dengan masalah keluarga. Dalam satu pelajaran dikenalkan berbagai nama anggota keluarga dan aktivitas keluarga,.Untuk satu judul seperti keluarga, semua bagian pembelajaran Bahasa Arab seperti nahwu (tata bahasa), kitabah (menulis), Qiroah (membaca), Kalam (berbicara), Istima’(mendengar) dipraktekkan ketika itu juga.

                                                                                                             
  2.Metode Ejaan (Tariqah Al Imla’iyah)
Dalam metode ini murid disuruh untuk menulis apa yang diberikan oleh guru, yaitu guru membacakan sebuah materi dan murid menulisnya.

3. Metode Tanya Jawab (Tariqah Al Munazharah)
Metode tanya jawab sangat tepat dalam konteks pembelajaran bahasa. Karena dalan metode ini semua elemen memainkan perannya masing-masing yaitu guru dan murid. Proses pembelajaran dalam metode ini peran guru dan murid sangat esensial sekali karena melakukan tanya jawab diantara mereka..


4. Metode Pengulangan (Tariqah al Mulazamah)
Dalam metode ini membaca berulang-ulang merupakan prinsip utama dalam pengajaran bahasakarena sangat mendukung untuk meningkatkan kemahiran lisan dan kemahiran membaca .
 
5. Metode Perbandingan (al Qiyasiyah)
Dalam metode ini seorang guru menerangkan pelajaran secara global sebelum menjelaskannya secara terperinci. Metode ini sangat cocok dalam pembelajaran tata bahasa ( Nahwu ) karena guru memberikan contoh-contoh secara global terdahulu, setalah murid mengerti dan paham maka guru memberikan contoh-contoh lain yang berhubungan dengan judul materi tersebut.

6. Metode Induktif
Metode ini menuntut seorang murid untuk bisa membuat kesimpulan dan ringkasan dari suatu pelajaran. Jadi, setelah guru menjelaskan pelajaran yang diajarkan maka murid meringkas dan megambil inti sari dari apa yang telah disampaikan oleh guru.

0 komentar:

Posting Komentar